Sistem Koordinat dalam Fotogrametri


          Dalam konteks fotogrametri dikenal beberapa sistem koordinat yang berhubungan dengan foto udara, yaitu: sistem koordinat foto, sistem koordinat pixel, sistem koordinat kamera, dan sistem koordinat objek.
a.         Sistem Koordinat Foto.
       Sistem koordinat foto adalah sistem koordinat dua dimensi sebuah foto dimana pada kamera non metrik maupun kamera metrik dimulai dari pixel tengah. Sumbu x positif ke arah kanan dan sumbu y positif kearah atas.
b.        Sistem Koordinat Pixel.
       Sistem koordinat pixel adalah sistem koordinat sebagai referensi titik terkecil pada sebuah foto, yang biasanya dinyatakan dalam satuan mm. Dimana pada kamera non metrik dimulai dari pixel kiri atas, sumbu x positif ke arah kanan (kolom), dan sumbu y positif ke arah bawah (baris).

Gambar 2.1 Sistem Koordinat Foto dan Sistem Koordinat Pixel

c.         Sistem Koordinat Kamera
       Sistem koordinat kamera merupakan sistem koordinat 3D pada sebuah kamera dimana titik pusat berada pada perspective center. Sumbu xy positif koordinat ini, sejajar dan pararel dengan sumbu xy sistem koordinat objek.

d.        Sistem Koordinat Objek
       Sistem koordinat objek merupakan sistem koordinat 3D yang digunakan sebagai representasi bentuk dan ukuran objek melalui transformasi dari sistem koordinat foto/pixel ke sistem koordinat objek.

Gambar 2.2 Sistem Koordinat Kamera dan Sistem Koordinat Objek

8 komentar:

  1. Apa itu Collinearity dalam Fotogrametri Kak's?

    BalasHapus
  2. Dear Gil,

    Collinearity Condition dalam fotogrametri itu biasa di sebut dengan konsep kesegaraisan, dimana kolinearitas itu merupakan kondisi dimana stasiun pemoretan foto, titik objek, dan gambar foto, semua terletak pada satu garis lurus. Nah, didalam fotogrametri salah satu persamaan yg digunakan adalah pers. kolinear, yaitu merupakan suatu sistem persamaan yang bersifat nonlinier dan dilinierkan dengan menggunakan Teorema Taylor.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. hai kak, klo yg di maksud dgn kesegarisan atau satu garis lurus dalam kolinearitas itu apa ya? makasih

    BalasHapus
  5. kak cara menentukan arah terbang bagaimana? jika diketahui f kamera, overlap, dan skala foto. trims yaa

    BalasHapus
  6. kalau saya biasanya pakai software dek, kalo secara manual bisa dilihat arah anginnya, soalnya hal itu menetukan juga. apakah di amengarh ke sumbu x atau y.

    BalasHapus
  7. Selamat malam ka mau tanya bagaimana kita bisa mendapatkan koordinat foto dari koordinat pixel pada sebuah foto ka?

    BalasHapus
  8. Ka boleh minta contoh gambar sistem koordinat foto pada kamera metrik yang disertai simbol kah?🙏🙏

    BalasHapus